Tips Membeli Kamera dan Hal - hal yang harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera - Machanime
News Update
Loading...

Tuesday, August 18, 2020

Tips Membeli Kamera dan Hal - hal yang harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera

Sebelum membeli kamera pastinya kalian harus memperkirakan secara matang mengenai kamera apa yang ingin kalian beli, kamera seperti apa yang kalian butuhkan dan juga kemampuan dari kamera yang akan kalian beli. Hal - hal tersebut menjadi sangat penting sebelum kalian membeli kamera, karena mengingat harga sebuah kamera yang tak dapat dibilang murah.

tips membeli kamera
Photo by Christian Mackie on Unsplash

dan berikut akan saya bagikan beberapa hal yang harus kalian perhatiakan sebelum kalian membeli kamera. beberapa saran yang akan saya berikan dapat kalian jadikan referensi sebelum membeli kamera, baik bagi kalian hanya sebatas hoby ataupun bagi kalian yang profesional.

1. Sensor Kamera

sensor kamera

Sensor dari kamera menjadi hal utama yang harus kalian perhatiakan sebelum membeli kamera, karena sensor kamera lah yang akan menjadi patokan kebutuhan kalian kedepanya. kamera - kamera yang saat ini beredar umumnya menggunkanan 2 sensor. yaitu sensor Full Frame dan APS-C.

Bagi kalian yang masih pemula dan baru pertama kali ingin membeli kamera, kalian bisa mulai dengan membeli kamera dengan sensor APS-C dimana kamera dengan sensor APS-C memiliki harga yang lebih murah ketimbang kamera dengan sensor Full Frame dan juga untuk harga lensa yang digunakan di kamera dengan sensor APS-C dapat di katakan lebih murah apabila di banding dengan lensa bagi kamera Full Frame.

Dan bagi kalian yang sudah mendalami hobby kalian atau mungkin sudah dapat menghasilakna uang dari foto, saran saya mungkin sebaiknya kalian membeli atau mengupgrade kamera kalian yang mungkin dulunya APS-C ke kamera dengan Full Frame, karena untuk fitur dan kegunaan, kamera dengan sensor full frame memang cukup jauh lebih unggun apabila di bandingkan dengan kamera dengan sensor APS-C.

Namun patut di catat, dimana kamera - kamera dengan sensor Full Frame memiliki harga yang cukup mahal apabila di bandingkan dengan kamera dengan sensor APS-C dan juga memiliki harga lensa yang lebih Mahal Apabila Di Bandingkan dengan kamera dengna sensor APS-C.


2. Tipe Kamera

mirrorless dan DSLR

Tipe dari sebuah kamera menjadi hal ke 2 yang harus kalian perhatiakan sebelum membeli sebuah kamera, dimana untuk saat ini ada 2 tipe kamera yang umum di gunakan yaitu kamera DSRL dan juga kamera Mirrorless.

Perbedaan dari kedua jenis kamera ini dapat di lihat dengan mudah, dimana jika kita lihat dari body dari dua jenis kamera ini sangat lah berbeda, dimana kamera mirrorless memiliki body yang lebih kecil dan lebih ramping apabila di bandingkan dengna kamera DSLR. kedua tipe kamera ini juga memiliki 2 tipe sensor, yaitu APS-C dan Full Frame dimana untuk kamera full frame dari mirrorless sangat jauh lebih ramping apabila di bandingkan dengan full frame dari kamera DSLR.

perbedaan dari kedua tipe kamera ini selain dari body ada pada kaca yang ada pada kamera ini, dimana pada DSLR masih menggunakan kaca yang biasa digunakan untuk melihat melaluai viewfinder sedangkan pada mirrorless viewfinder nya di ganti menggunakan elektronik viewfinder yang membuat mirrorless tak lagi membutuhkan mirror atau kaca.

selain itu apabila kalian membeli kamera dengan tipe mirrorless kemungkinana kalian akan sedikit kesusahan dalam mencari lensanya, khususnya apabila kalian membeli mirrorless dengan sensor APS-C, dimana kamera mirrorless dengan sensor APS-C masih sangat jarang apabila dibandingkan dengan Mirrorless dengan sensor Full Frame.


3. Kemampuan Low Light

kemampuan low light
Photo by Ryan Hutton on Unsplash

Kemampuan Low light dari sebuah kamera menjadi hal ke tiga yang harus kalian perhatikan sebelum membeli sebuah kamere. dimana dalam hal ini kemampuan low light yang dimaksud ialah ISO dari sebuah kamera.

low light dari sebuah kamera menjadi hal yang cukup penting menurut saya, karena apabila kalian merupakan seseorang yang menyukai nightphotography pastinya kalain membutuhkan kamera dengan kemampuan ISO yang mumpuni, dimana kalian pastinya tak ingin foto kalian di batasi dengan kemampuan ISO dari kamera kalian yang kurang.

untuk sekarang sudah banyak kamera di kelas menengah yang menawarkan kemampuan low light yang cukup mumpuni dimana kalian bisa mengambil foto dengan iso yang cukup tinggi tanpa perlu khawatir foto kalian akan memiliki noise yang banyak.

dan juga jika kalian membeli kamera dengan sensor full frame, pastinya kalian sudah tak perlu khawatir dengan kemampuan low light yang ada pada kamera kalian, karena memang untuk kamera dengan sensor full frame pastinya sudah memiliki kemampuan low light yang sangat bagus apabila dibandingkan dengan kamera dengan sensor APS-C, karena dari segi harga pun sangat jauh berbeda. 


4. Merek Dari Kamera

merek dari kamera
Photo by π“΄π“˜π“‘π“š 𝕝𝔸𝕀 on Unsplash

Merek dari sebuah kamera menjadi salah satu hal yang cukup penting, dimana merek dari sebuah kamera menentukan banyaknya lensa yang dapat kalian gunakan dan juga biaya yang nantinya akan kalian keluarkan.

untuk beberapa kamera seperti nikon, memiliki memiliki ketersedian lensa atau varian lensa yang cukup sedikit, sama hal nya juga dengan sony. dimana kedua brand ini memiliki ketersedian lensa third pary yang cukup sedikit. walaupun memang ketersedian lensa tersebut dapat di akali dengan menggunakan adapter, namun tetap saja  hal terebut bukanlah pilihan utama.

selain itu beberapa merek seperti sony memiliki harga untuk setiap lensa nya yang mahal dimana rentang harganya bisa belasan samapi puluhan juta untuk sebuah lensanya. jadi untuk pemilihan merek dari kamera haruslah kalian cermati dengan baik, namun apabila kalian tak begitu memperdulikan mengenai harga maka hal ini mungkin tak akan begitu berpengaruh bagi kalian.

Oke mungkin itu saja beberapa tips dari saya, apabila kalian mempunya pendapat yang berbeda silahkan samapikan di kolom komentar.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Bantu Donasi lah Ngab
Done