Memahami Nama Prossesor Intel Core - Pengertian Kode SKU pada Prossesor Intel - Machanime
News Update
Loading...

Friday, August 21, 2020

Memahami Nama Prossesor Intel Core - Pengertian Kode SKU pada Prossesor Intel

Prossesor menjadi salah satu komponene terpenting pada sebuah PC ataupun Lapton, dimana prosssor berperan sebagai otak dari sebuah komputer yang mana bertugas untuk memprosser segala mancam inputan yang dilakaukan pada sebuah komputer.

Oleh karena itu peran dari sebuah prossesor sangatlah penting dimana pastinya kalian akan membutuhkan prossesor yang mumpuni demi mempermudah dan melancarkan pekerjaan kalian. 

prossesor
Machanime and Unsplash

Khususnya bagi kalian yang ingin merakit sebuah PC maka kode atau nama dari sebuah prossesor menjadi sangat penting, dimana kode atau nama dari sebuah prossesor menentukan performa sekaligus generasi dari sebuah prossesor.

Intel® Core™ i7-10510U

kita akan membahas mengenai nama dari Prossesor Intel Di atas.


Intel® Core™

Merupakan nama dari varian prossesor intel, dimana untuk saat ini selain intel iCore ada juga varian prossesor intel yang lainya, dimana untuk setiap varian prossesor dari intel dipisahkan dengan nama awalan tersbut. 

salah satu prossesor intel lain nya ialah Intel® Pentium® dan Intel® Celeron yang mana untuk setiap prossesor di awali dengan varian nama tersebut

 i7

merupaka nama seri dari prossesor tersbut. dimana pada intel iCore sendiri terdapat beberapa varian yaitu, i3, i5, i7, i9 dan seri X diman untuk setiap varian nya memiliki keunggulan. 

dimulai dari seri entry level yaitu i3 hingga highend yaitu seri x. dimana untuk setiap varian nya juga memiliki jumlah core dan kecepatan yang berbeda - beda

10

angka 10 setelah seri menunjukan generasi dari prossesor tersebut dimana untuk saat ini yang beredar dipasaran biasanya berkisar di antara generasi 9 hingga 10. generasi dari sebuah prossesor juga mempengaruhi performa dari sebuah prossesor.

contohnya prossesor intel Core i7 gen 5 pastinya memiliki kemampuan yang setara atau dibawah intel Core i5 gen 10. dimana sebuah prossesor cukup mempengaruhi performa dan jumlah core dari prossesor tersebut.

510U

merupakan indikasi dari SKU dan juga kemampuan dari sebuah prossesor, dimana pada prossesor dari intel sendiri terdapat cukup banyak SKU atau varian dari setiap prossesor nya. dimana untuk saat ini ada 11 varian dari prossesor intel. dimana setiap kode ini diletakan pada akhir nama dari prossesor. dimana setiap kode menunjukan keunggulan dari prossesor tersebut

Varian

Arti

G1-G7

Graphics level (prossesor dengan Build in intergrated 

grafik card yang baru)

F

membutuhkan grafik card terpisah

( tidak build in grafik card )

G

Build in discrete graphics on package

H

High performance

( biasannya digunakan pada laptong gaming )

HK

High performance dan bisa di overclock 

( biasannya digunakan pada laptong gaming sultan )

HQ

High performance quad core( biasannya digunakan pada laptong gaming ) 

K

Bisa Di Overclock ( banyak digunakan di PC )

S

Special edition

T

Biasnya Di gunakan di Laptop Light ( laptop tipis )

U

Entry level, biasnya digunakan di laptop yang

 " cukup mahal "

Y

Mobile extremely low power


Dan itulah pengertian Dari nama - nama prossesor Intel, sebaiknya kalian mencocokan prossor kalian dan juga komponen lainya dari PC kalian ( jika ingin merakit PC ) jangan hanya mementingkan satu sektor saja dan sementara untuk komponen yang lain kalian irit.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Bantu Donasi lah Ngab
Done